Motoblast.org – Halo mas dab.. ketika desainer motor terkenal dari italia yaitu Massimo Tamburini dua tahun yang lalu yaitu 6 april 2014, ia meninggalkan warisan desain dalam dunia sepeda motor. Tambunrini ini adalah sepeda motor desain yang ikonik, Tamburini adalah salah satu dari pendiri Bimota, nama Bimota sendiri adalah gabungan dari huruf pertama dari keluarga Valerio Bianchi, Giuseppe Morri, dan Massimo Tamburini, di beri nama Bimota Tesi, motor dari Tamburini terakhir ini masih dalam bentuk model, tidak memiliki rangka dan mesin masih di proses.
Waktu Tamburini dengan Cagiva dan Ducati yang pada saat itu bangkit dan sukses, tidak lepas dari Desainer sepeda motor tamburini sebagai desainer terkemudia di dunia, pertama adalah Ducati Paso, sepeda motor terbesar di abad 20, Ducati 916, kemudian dia meninggalkan ducati dan bergabung dengan MV Agusta, tamburini kemudian ikut menyukseskan MV Agusta F4, menggunakan desain mesin empat silinder segaris.
Setelah pensiun dari MV Agusta pada tahun 2008, dengan menyelesaikan F3 675, dia fakum selama tiga tahun, kemudian Tamburini bekerja dengan dirinya sendiri dengan membuat motor superbike yang mutakhir, bekerja sama dengan anak nya yaitu Andrea, tamburini kemudian membuat motor baru dengan nama T12 Massimo, T berasal dari Tamburini dan 12 dari angka keberuntunganya, dan Massimo adalah nama pertama dari Tamburini yang berarti maksimum di bahasa italia.
Ketika Tamburini di diagnosis kanker prostat pada tahun 2013, tamburini menyerahkan pengembangan T12 Massimo ke nadrea, sebelum akhirnya menyerah pada penyakitnya dan andrea menghasilkan 2 prototype dari T12 Massimo yang baru baru ini telah di resmikan.
Bekerja dengan anggota keluarga tamburini dan investor dari luar, upada ANdrea dalam menjalankan impian ayahnya untuk membuat motor terakhir tamburini yang super sempurna, mimpi yangn dimulai dari Bimota hampir empat dekade yang lalu, dengan mengusung SBK dari S1000RR empat silinder segaris mesin BMW Motorrad. T12 Massimo merupakan kombinasi dari bahan ringan namun eksotis, di kombinasikan dengan manufaktur yang sangat presisi.
Hasilnya adalah sepeda motor dengan power 230hp dengan berat diatas 150kg, dimensi fisik juga mirip dengan sepeda GP, serat karbon juga di gunakan di seluruh mesin, dan fairing slab yang ramping namun dengan di beri kisi kisi untuk udara yang masuk, kemudian untuk tangki bahan bakar juga di buat lekukan dinamis, dengan mengusung mesin BMW S1000RR 999cc, Untuk rangka teralis terbuat dari baja yang minimalis, pro arm aluminium.
Magnesium di gunakan di bagian kepala, swing arm dan roda, komponen terbaik dan berkualitas racing juga di masukkan, seperti suspensi Ohlins untuk ban depan dan belakang, pengereman di percayakan pada brembo, menggunakan komponen racing hanya dengan peralatan staubli, dan elektronik T12 Massimo adalah MOTEC.
Motor ini tersedia hanya berdasarkan order atau pesanan saja masbro, sehingga limited edition banget, T12 Masimo di harapkan bisa di banderol sekitar € 300,000 atau sekitar 5 milyar lebih. ini adalah sebuah contoh seni sepeda motor tertinggi namun hanya seperti mainan saja bagi orang kaya…woww…regane masbroo.. 5 milyar rek… di beliin R25 kayak beli krupuk aja nih..wkwkwk
< a