perbandingan Mesin motor Valentino Rossi dan Marc Marquez

Sering menjadi perdebatan fans valentino Rossi dan Fans Maec Marquez maka berikut ini perbandingan mesin tunggangan dari kedua pembalap tersebut. Biar lebih gamblang jelas.

Kalo kita ketahui memang di 3 seri pembuka Motogp 2019 ini Yamaha terlihat kompetitif dengan pembalap rivalnya baik dari Honda maupun Ducati di bandingkan tahun tahun sebelumnya.

Bukan hanya maverick vinales, bahkan Valentino Rossi pun ikut terdongkrak dan berada di 5 besar bersaing di trek bersama pembalap muda dan valentino rossi bisa berjibaku dengan rivalnya karc marquez.

Apakah mesin YZR-M1 milik valentino Rossi tahun ini berbeda dengan yang di pakai tahun sebelumnya?? Jawabnya tidak bro, nyatanya mesin yang dipakai masih memakai mesin konfigurasi yang sama seperti tahun sebelumnya loh…lantas apa yang membuat bersaing ya?

Perlu di ketahui bahwa YZR-M1 memiliki konfigurasi mesin empat silinder segaris alias inline-4.

Lalu bagaimana dengan mesin Tunggangan marc marquez??

Honda RC213V milik tim repsol honda pembalap marquez ini memiliki mesin komfigurasi 4 silinder berwujud V atau bisa di sebut V4.

Sedangkan dari Tim ducati mission winnow juga sama memakai mesin V4.

Namun begitu dari masing masing mesin inline 4 dan v4 ini mestinya memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri sendiri layakya pembalapnya valentino rossi dan marc marquez yang memiliki gaya berkendara dan membalap masing masing.

Tipe mesin inline-4, berkarakter lebar, sedikit part dan juga dibatasi oleh kaki pengendara untuk penempatannya. Walaupun begitu kelebihannya adalah memiliki tempat luas untuk penempatan boks filter udara dan posisi knalpot.

Sedangkan untuk mesin V4 tergolong panjang, banyak pemakaian part dan lebih sempit lantaran posisinya terbatasi oleh panjang sasis.

Mesin V4 ini adalah lebih rumit masalah penempatan boks filter udara dan sudut posisi knalpot.

Penempatan posisi mesin juga bisa mempengaruhi kestabilan dan juga kelincahan ketika menikung.

Melalui faktor yang disebutkan tadi, mesin V4 dan inline-4 bisa mempengaruhi desain keseluruhan motor. Makanya desain masing masing motor yang mengusung tipe mesin yang berbeda ini sangat beda sekali.

Bukan soal tenaga saja, tapi berpengaruh ke aerodinamis motor saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Untuk karakter mesin inline-4 ini masih tergolong lebih smooth dibandingkan V4 yang sangat agresif.

Dari kedua karakter mesin inline 4 dan v4 ini kita bisa tahu kok kenapa valentino rossi tipe berkendaranya lebih smooth sedangkan marquez begitu agresif ya karena menyesuaikan tipikal mesinnya..kalau ga gitu ya bisa sulit menyesuaikan antara pembalap dan karakter motor.

Makanya jorge lorenzo yang sudah terbiasa di yamaha pakai mesin inline4 sekarang memakai rc213v yang v4 butuh beberapa lama dalam penyesuaian.

Popular posts

About Motoblast 7366 Articles
Matursuwun sudah mengunjungi blog kecil ini, jangan lupa tetap pantengin motoblast untuk mendapatkan info terbaru dan modifikasi terbaru motor favorit masbro..ojo lali komen dan selalu klik motoblast.org - Komen gratis lek...!!

Be the first to comment

Leave a Reply