Ini dia alasan kenapa sekelas Motogp tidak pakai Rem ABS

Hai masbro… kalau masbro melihat bahwa motor Motogp adalah motor dengan teknologi terkini yang pernah ada dan belum ada di motor motor jalanan saat ini, makanya di motogp ini menjadi tolok ukur motor motor supersport dengan teknologi terkini, namun tahukah kalian bahwa ada teknologi yang sebenarnya tidak ada di motogp namun di motor jalanan sangat di harapkan keberadaanya..?

Yup.. yang motoblast maksud adalah fitur pengereman ABS atau Anti-lock brake system yang saat ini sangat populer dimotor motor moge berkelas 250cc keatas bahkan di beberapa negara seperti india dan thailand mewajibkan motor berkubikasi mesin 150cc sudah harus menggunakan fitur rem ABS ini dan memang harus wajib dari pemerintah aturannya demi menjaga keamanan berkendara.

baca :

Motogp Argentina Marquez Juara, Rossi kedua

Padahal adanya teknologi dan fitur terbaru dari motorsport itu kebanyakan lahir dari inovasi para mekanik di motogp loh, seperti adanya quick shifter, slipper clutch itu semua lahir dari inovasi di motogp dan di praktekkan di motor motor sport jalanan.

Naah kira kira kenapa ya motor di Motogp ini malah tidak memakai rem ABS???

Alasannya yang pertama adalah

Skill rider di motogp ini bukan orang yang baru belajar dalam mengendarai motor, apalagi dengan kecepatan tinggi, atau orang yang nembak SIM ke tukang parkir untuk lolos tes dan dapat SIM ya. hehehe

Skill para rider motogp ini sudah benar benar ahli dalam mengendarai motor apalagi dalam hal pengereman.

Menurut mereka, fitur Rem ABS ini tidak terlalu penting untuk diterapkan di motor Motogp, berbeda dengan fitur traction control yang memang dianggap penting bagi mereka pembalap motogp.

Traction Control ini di rasa sangat urgent penggunaannya dan harus ada di motor motogp, karena betapa sulitnya mengendalikan motor dengan spek yang tinggi dan kecepatan tinggi begitu juga dengan akselerasi motor.

Bagi para rider motogp, titip pengereman sudah mereka tentukan, apalagi ini di sirkuit, tidak ada bakal ada emak emak racing yang sein kiri belok kanan, atau ada biawak lewat atau ada kucing dan anjing asal lewat saja sehingga tidak ada pengereman mendadak, maka fitur rem ABS ini belum di perlukan.

Dan yang paling penting ternyata pembalap motogp ini tidak butuh rem ABS. untuk bisa menyusul lawannya di depan, biasanya para pembalap menggunakan late braking.

yang namanya late braking berarti sang rider harus mengerem sangat kuat dalam jarak pendek untuk bisa memotong rangkaian waktu yang di dapat jika rider nya mengerem sudah dari jauh jauh lebih dulu.

Nah dari alasan inilah maka para pembalap motogp tidak butuh rem ABS, bisa di bayangkan kalau para pembalap ini menggunakan rem ABS, dan mereka menggunakan late braking, bisa bisa motor masih jalan alias nyelonong aja ya berabe bro.

nah semoga bermanfaat

About Motoblast 7440 Articles
Matursuwun sudah mengunjungi blog kecil ini, jangan lupa tetap pantengin motoblast untuk mendapatkan info terbaru dan modifikasi terbaru motor favorit masbro..ojo lali komen dan selalu klik motoblast.org - Komen gratis lek...!!

1 Comment

5 Trackbacks / Pingbacks

  1. modifikasi striping aerox 155 monster gp grey version | MOTOBLAST
  2. Modifikasi striping Honda CBR150R Elegan | MOTOBLAST
  3. Modifikasi Striping Yamaha R15 V3 Sunmoon full color | MOTOBLAST
  4. Paten Yamaha Nmax Facelift versi full color | MOTOBLAST
  5. Modifikasi Striping Kawasaki Ninja 250R Fi Monster GP | MOTOBLAST

Leave a Reply