INGATT!! Mesin Honda CRF150L tidak sama dengan Mesin Verza dan Mega Pro!

Motoblast.org – Halo mas dab… banyaknya pertanyaan dan nyinyiran netizen bahwa CRF150L ini mesin nya sama dengan verza dan mengatakan verza versi mahal mungkin penjelasan berikut ini bisa mencerdaskan sedikit tentang mesin Honda CRF150L yang ternyata berbeda dengan Mesin Honda Verza ataupun Honda Megapro.

Naah pasti banyak yang bertanya.. lalu apanya yang berbeda ??

Seperti di lansir oleh otomotifnet bahwa walaupun di usung oleh mesin yang identik seperti 4 langkah SOHC 2 katup injeksi berpendingin udara dengan transmisi 5 percepatan. Bore x stroke juga sama 57,3 x 57,8 mm. akan tetapi detailnya berbeda masbro.

baca : Suzuki Indonesia akan rilis sport 250cc di akhir 2018, spesifikasi lebih powerfull

Detail perbedaan mesin Honda CRF150L dengan Mesin Verza atau megapro adalah :

1.Piston

Menurut Sarwono Eddy, Technical Service Division PT Astra Honda Motor, desainnya beda. “Didesain untuk punya durability yang lebih baik, karena gas akan sering dibetot, tapi bobotnya sama,” terangnya.

2.Sistem Injeksi

Pada bagian sistem injeksi adalah bagian yang paling terlihat perbedaannya karena tujuanya adalah agar performa bisa optimal di segala cuaca dan ketinggian.

Throttle body yang di pakai memiliki sensor yang lebih banyak walaupun sama sama 26mm.

Pada CRF150L ini menurut Eddy, di throttle body tak hanya ada TPS (throttle position sensor) tapi juga ada IAT (intake air temperature) sensor yang bertugas membaca suhu udara masuk.

Selain itu juga ada MAP (manifold absolute pressure) yaitu sensor yang bertugas membaca tekanan udara dan ada IACV (idle air control valve) bertugas mengatur stasioner

Sedangkan di mesin Megapro dan Verza throttle body nya hanya ada TPS tidak ada MAP, tidaka da sensor suhu dan tekanan untuk mengatur stasioner pun juga masih manual.

3.Kem

“Durasi dan overlap beda, didesain agar punya torsi lebih besar di putaran bawah sampai menengah,” lanjut Eddy.

4.Speed sensor

Mesin CRF150L ada speed sensor yang ada di crankcase bagian belakang yang membaca putaran counter sharft sehingga tidak ada kabel spidometer pada roda.

4. Mapping ECU

Naah untuk mendapatkan performa yang kuat di putara bawah hingga menengah maka mapping ECU di Honda CRF150L di setting berbeda dengan Verza dan New Mega pro

naah wes jelas ya.. jadi walaupun mesin telihat sama tapi detail berbeda…

Banyak yang mengatakan Honda CRF150L adalah Verza versi mahal

Jadi ternyata banyak juga netizen yang hanya tahu dari katanya tidak mempelajari dulu tapi lebih dulu menyimpulkan apalagi mereka tidak melihat bahwa :

  • Biaya R&D
  • Velg ALuminium
  • Shock Upside down
  • sistem injeksi
  • sensor lebih lengkap

di kiranya kelima point tersebut murah.. naah monggo kalau murah bisa buat motor sendiri..hahaha…

last. semoga keempat detail perbedaan diatas bisa membuka mata kita dan sadar bahwa ternyata mesin CRF150L berbeda dengan honda verza dan new megapro. motoblast.org < a

 

About Motoblast 8038 Articles
Matursuwun sudah mengunjungi blog kecil ini, jangan lupa tetap pantengin motoblast untuk mendapatkan info terbaru dan modifikasi terbaru motor favorit masbro..ojo lali komen dan selalu klik motoblast.org - Komen gratis lek...!!

6 Comments

  1. Agak sedikit rancu di bagian ini :
    “Durasi dan overlap beda, didesain agar punya torsi lebih besar di putaran bawah sampai menengah,” lanjut Eddy.

    Padahal secara spek, Verza memiliki Torsi dan Power lebih tinggi. Bahkan Torsi Maks Verza didapatkan di rpm lebih rendah dibandingkan CRF

  2. yup, jelas sekali mesin sama dengan versa secara umum, bahkan secara detil mesin versa mungkin lebih powerfull………
    dan lain2 tentang rangka, shock, banyaknya sensor….hanya menyesuaikan peruntukkanya, jadi tetep boleh dikatakan ni crf150 adalah versi mahal dari verza 150.

    • Setuju mas bro.
      Yg bikin mahal lebih kepada rangka dan kaki kaki.
      Mapping injeksi itu ya biasalah….
      Macam mesin CBR 250R dipakai di crf 250L
      Atau mesin KLX 250 dipakai di ninja mono dan z250sL

  3. Kok sistem injeksinya malah mirip pgmfi step 3 (verza step 4). Tapi seenggaknya sensor speed di crangkase, aman kalau dipake nyelip batu. Gak bakal kejadian kabel speedometer kesangkut. Yg bikin mahal sebenarnya ada di rangka (pasti beda sama verza dan nmp) dan kaki2 (pasti lebih canggih karena buat medan berat). Selama harga gak jauh dari klx masih normal. Toh sebenarnya teknologi mesin klx gak jauh berbeda sama veeza dan nmp.

Leave a Reply