Honda Forza 250 2018

Halo masbro, penasaran sama Honda Forza 250? Honda Forza 250 adalah skutik premium yang telah dirilis tahun ini dan menawarkan keunggulan-keunggulan performa fungsional tingkat tinggi. Harga yang dibandrol sangat sebanding dengan setiap spesifikasi dan fitur yang dipasang. Makanya itu akan kita uraikan ulasan kendaraaan bermesin 250 cc di bawah ini.

Perlu masbro ketahui, Forza 250 resmi dirilis Maret kemarin saat gelaran Osaka Motor Show 2018 disusul kehadirannya di pasar Asia Tenggara pada saat ajang Bangkok International Motor Show di Thailand. Skutik yang dirancang dalam gaya sporty ini berhasil mencuri perhatian publik karena menawarkan konsep berkendara aman dan nyaman dengan kecanggihan yang diterapkan.

Konsep Desain Modern Sporty

Pasar Eropa sudah duluan mengenal skutik premium ini dengan kapasitas 300 cc. Nyaris tidak kelihatan bedanya dari segi konsep desain yang memperlihatkan sisi kokoh dan elegan di setiap sisi body. Bagian depan kendaraan dipasangi headlamp yang menonjol dan punya gaya sangat berbeda dibandingkan motor skutik premium pada umumnya.

Fitur windshield electrik juga istimewa karena tinggal dioperasikan otomatis lewat sebuah tombol. Pokoknya kepala tetap aman terlindung dari terpaan angin dengan fitur itu. Kenyamanan penuh disediakan dari lebarnya pijakan kaki sehingga terasa lebih leluasa selama memacu kendaraan. Posisi di depan dan belakang jadi makin lebih nyaman dengan desain jok yang bertingkat namun masih menyatu. Ruang bagasi luas di bagian bawah jok dapat menampung dua helm tanpa berdesakan.

Dimensi Kendaraan

Ukuran tinggi kendaraan sudah disesuaikan standar orang-orang Asia pada umumnya. Dan barangkali itu jugalah yang membedakan dari seri di Eropa selain kapasitas cc. Bentuk motor skutik ini tergolong ramping jika masbro bandingkan dengan sejumlah tipe sejenis. Berdimensi 2.140 mm, lebar 750 mm, dan tinggi 1.355 mm dengan wheelbase 1510 mm. Sementara bobotnya 128 kg untuk Spoke Wheel dan 129 untuk Cast Wheel. Tapi tetap yang khas menonjol dari tipe skutik ini ialah desain yang besar dan nampak tangguh.

Fitur Panel Indikator Analog/Digital

Nah, di review ini, kita amati juga tampilan permukaan panel-panel indikator di bagian depan Forza 250 ini. Sebagai sebuah kendaraan skutik premium, semua instrumen indikator tak hanya tampil futuristik, tapi fungsinya pun canggih. Cek di bagian speedometernya. Di situ terdapat beberapa panel analog dan digital yang masing-masing menunjukan info terkait performa kendaraan. Misalnya di LCD berlatar belakang biru yang memuat info waktu, suhu, bahan bakar, voltase aki, dan tentunya jarak yang telah ditempuh.

Tampilan semua indikator itu akan memudahkan masbro memantau dan mengendalikan kendaraan ini sepenuhnya. Kapasitas bahan bakar dapat menampung 11,5 liter dengan ground clearance 135 mm yang sangat ideal digunakan melaju di jalur-jalur padat perkotaan. Tidak akan ribet jika harus terjebak dalam arus lalu lintas di jalur-jalur sibuk.

Combined Digital Panel Meter

Sistem Suspensi

Sektor suspensi diperkuat oleh rangka underbone yang tangguh. Dipertimbangkan dari faktor beban rangka dan body yang ditopang, maka butuh kaki-kaki kuat. Suspensi depan memakai Telescopic Fork 33 mm dan bagian belakang menggunakan Twin Shock. Hasilnya, akan terasa sekali saat masbro mengendarai di jalur-jalur tak merata tanpa terganggu keseimbangannya.

Roda depan ditopang velg sporty berukuran 15 inchi dan 14 inchi di bagian belakang. Sepasang roda itu dilapisi ban tubeless ukuran 120/70R15 dan 140/70R14. Sektor pengereman menggunakan  single disk berukuran 256 mm dan 240 mm lengkap bersama teknologi ABS 2 channel.

Kemampuan Mesin

Nah, sekarang mari kita cek di bagian mesin Forza 250. Masbro mungkin sudah menjumpai foto detil dari kendaraan ini. Menggunakan mesin 4 langkah dengan kapasitas 248 cc yang menggunakan sistem pendingin air serta mampu dipacu maksimal lewat transmisi CVT V-Belt. Dengan kombinasi itu mampu menghasilkan torsi maksimal.

Pemakaian bahan bakar sangat irit dengan mesin ini. Disebabkan oleh teknologi PGM-FI yang menjadikannya lebih efisien. Wajar jika kendaraan ini menerima sambutan meriah di Eropa karena teknologi itu dikenal sangat ramah lingkungan.

Fitur-fitur Tambahan

Sejumlah fitur tambahan juga wajib masbro simak di kendaraan ini. Sebenarnya kurang tepat juga kalau disebut sebagai tambahan. Karena setiap fungsinya memang benar-benar selaras pada konsep yang diterapkan dalam kendaraan ini. Satu keunikan fitur ini ditunjukkan pengintegrasian charger smartphone dan lampu spion. Ada juga indikator peringatan jika sudah tiba waktunya kendaraan diservis.

Mode keyless dapat anda aktifkan untuk memudahkan pengendalian keamanan kendaraan. Saat masbro baru keluar dari gedung mall atau yang menyediakan lahan parkir khusus, tak usah tengak-tengok cari kendaraan anda secara manual. Cukup tekan tombol dan motor kesayangan anda akan menjawab secara otomatis.

Electrically Adjustable Wind Screen

Specs Terbaik

Forza 250 dirancang secara khusus dengan semua performa yang diharapkan dapat memenuhi kepuasan. Dari semua spesifikasi yang ditawarkan, masbro akan memahami sendiri jika mengendarainya langsung. Salah satunya dari specs terbaik mesin yang digunakan Forza 250.

Tipe mesinnya memakai Single Cylinder, SOHC, four-stroke dengan tenaga maksimal 19 HP @ 7500 rpm. Dengan 4 katup silinder bakal menghasilkan torsi maksimal 21.1 Nm @ 5,500 rpm. Bore x stroke kendaraan berukuran 72 x 68.6 mm dengan sistem transmisi belt yang akan memperlancar laju di segala medan.

Kita lihat lagi pada dimensi kendaraan sepanjang 2140 mm, dengan lebar 750 mm, dan tinggi 1355 mm. Dirancang secara tepat untuk jarak kendali yang nyaman dan tidak merepotkan saat berhenti di tengah jalan menunggu antrean lampu merah karena jarak terendah dirancang berukuran 135 mm.

Pasar di Indonesia

Skutik jenis premium kian dilirik di pasar otomotif Indonesia. Sebagaimana masbro tahu, tipe kendaraan ini mulai sering berseliweran di jalanan perkotaan dan bahkan pedesaan. Dari situlah celah yang dibidik oleh Honda dengan merilis Forza 250 cc. Performa handal dijamin bakal memuaskan kebutuhan berkendara yang paling aman dan nyaman.

Mulai banyak tipe kendaraan sejenis dan Forza sudah mencuri perhatian semenjak awal dirilis pada pertengahan Maret kemarin. Tentu saja tawaran harga yang diberikan akan sebanding dengan semua fitur dan spesifikasi dalam kendaraan ini.

Bagaimanapun Forza 250 cc adalah pilihan terbaik dengan tawaran yang sudah dijelaskan dalam deskripsi di atas. Pertanyaannya, berapa harga untuk kendaraan ini? Bagi masbro yang berminat memang harus menyiapkan gocek yang lumayan besar.  Di Indonesia, diperkirakan harga ini kalau dikonversikan ke rupiah sekitar 89 juta.

Tapi ada kemungkinan di setiap kota harga yang dibandrol berbeda. Dan perlu masbro ingat juga, harga yang masuk dalam kurs itu berdasarkan kisarannya di negara asalnya, yaitu Jepang. Belum nanti kalau masbro hendak mengurus administrasi, perpajakan, dan lainnya.

Nah, demikianlah ulasan Forsa 250 cc untuk masbro. Sampai di sini kiranya masbro sudah dapat mempertimbangkan pilihan dari kendaraan terbaik ini.

About Motoblast 6904 Articles
Matursuwun sudah mengunjungi blog kecil ini, jangan lupa tetap pantengin motoblast untuk mendapatkan info terbaru dan modifikasi terbaru motor favorit masbro..ojo lali komen dan selalu klik motoblast.org - Komen gratis lek...!!

Be the first to comment

Leave a Reply