Kenapa Honda Vario Terbaru tidak ada Kick Starter sekarang??

Suzuki bike meet

Rilisnya Honda Vario 150 dan 125 terbaru menjadi geger di dunia maya, terbukti dengan banyaknya share dan booming di bahas di sosial media sepanjang hari dari kemarin hingga hari ini, dan jika terlihat dari penampakanya maka perbedaan yang banyak tidak di ketahui oleh netizen adalah honda Vario terbaru ini sekarang absen kick starter alias starter engkol, Namun semua itu AHM bisa menjelaskan kenapa mereka memiliki untuk menghilangkan fitur kick starter pada Vario terbarunya

Menurut AHM, Matic jaman Now tidak pakai kick starter lagi. naaahh

Menurut AHMM pula bahwa tren motor di dunia sekarang ini tanpa kick starter lagi, terutama di kelas matic dan berdasarkan surve yang di lakukan AHM pun mengatakan bahwa konsumen indonesia sudah tidak membutuhkan fitur kick starter pada matic dan mungkin juga pada motor sport lainnya

“Itu terjadi karena kami mengikuti tren motor dunia seperti big bike, sport hingga skuter besar yang sudah tidak ada kick starter. Lalu survei masyarakat yang memakai kick starter juga menurun dan berkurang. Nah secara psikologi memang membawa perasaan lebih aman. Tapi sekali lagi, secara survei menurun pengguna kick starter,” ucap Thomas

“Lalu, penggunaan kick starter juga sebenarnya merupakan perubahan layout dari kami untuk pasang smart key. Nah karena itu layout motor kita jadi berbeda. Sehingga engkol tidak diperlukan,” tambahnya.

Akan tetapi semua itu bukan berarti AHM tidak memikirkannya, AHM menyematkan fitur terbaru yaitu indikator baterai di speedometer untuk ridernya bisa memperkirakan kapan aki harus di ganti sebelum terjadi mogok.

Display indikator Bateri itu di tunjukan di speedometer pada bagian bawah kanan di bawah jam digital, kalau sekarang ini masbro cek di Vario terbaru akan tertulis 12,3V. (Lihat gambar di bawah ini)

Di Speedo terlihat Batterai masih 12,3V bro ( Foto Iwanbanaran.com )

“Dengan adanya indikator baterai yang terpasang di speedometer bakal membuat konsumen lebih aware dan aman, kapan sih periode baterai akan habis, dan seperti apa. Jadi tidak perlu khawatir lagi dari penghilangan kick starter ini,” ucap Thomas.

“Iya ini kita letakkan di Vario ke atas. Kita masih studi untuk menghilangkan kick starter di motor Honda entry level (misalnya BeAT, Scoopy dan lainnya). Dan ingat, ini tidak memboroskan aki, ya. Karena akan ngecash setiap motor jalan,” tutupnya

Jika Saat ini AHM menghilangkan kick starter pada Vario terbaru, maka bisa jadi kedepan kick starter  ini juga akan di hilangkan pada matic honda lainnya seperti honda BeAT dan juga Scoopy.

Tren motor dunia seperti big bike , sport dan skuter besar sudah tidak memakai kick starter menurut Thomas.

Nah karena kick starter sudah absen, makanya vario terbaru kini memiliki layout terbaru dan berbeda, di pasangnya smart key, dan juga bagian body bawah bagian engkol kini tidak ada maka dibuat body lebih lebar dan menutupi sehingga terkesan lebih kokoh dan padat.

Jika beredar di masyarakat sekarang ini kick starter sangat kita butuhkan saat motor lama tidak di pakai , dan penggunaan kick starter sangat di perlukan di situasi tertentu, dan pihak AHM menanggapi bahwa absen nya kick starter tersebut bukan jadi masalah karena sistem mesinnya sudah memungkinkan untuk tetap hidup walaupun sudah lama tidak di gunakan, asal baterainya masih sehat.

jadi walaupun lama tidak di gunakan, saat di nyalakan langsung jrenggg langsung nyala, dan menurut AHM itulah keunggulan dari teknologi PGM-Fi. ingat ya bro.. asal kualitas baterainya bagus.

Namun walaupun sudah menggunakan PGM-Fi, para biker harus tetap rajin melihat baterai motor atau aki jika suatu saat memang harus di ganti, hanya dengan melihat indikator baterai di speedometer vario 150 dan 125 terbaru.

Aki yang idel adalah pada angka 11,4 volt, ketika baterai di titik batas minimumnya, akan muncul peringatan berwarna merah pada speedometer, naaah mudah kan bro..sudah diingatkan sama motornya nih. hahaha

“Baterai aki itu di 11,4, plus minus 0,4. Sebenarnya ada warningnya di indikator, akan warna merah dia,” ujar Endro.

“Ini kan ada alarm-nya, ya. Otomatis akan ngaruh ke aki juga. Tanpa menggunakan alarm, bila didiamkan selama tiga bulan aki motor itu sudah berkurang sebanyak 50 persen. Tapi kalau menggunakan alarm bisa turun di 48 hari sudah berkurang sebanyak 50 persen. Karena ini posisinya alarm standby dan motor tidak diapa-apain. Namun di Vario, kita sudah setting bahwa alarm akan mati bila motor standby selama 10 hari. Setelah dari itu baru diaktifkan lagi, bila mau. Untuk pergantian akinya, tetap sama yaitu di dua sampai tiga tahun,” tutupnya

motoblast.org < a

Artikel Terpopuler

About Motoblast 5865 Articles
Matursuwun sudah mengunjungi blog kecil ini, jangan lupa tetap pantengin motoblast untuk mendapatkan info terbaru dan modifikasi terbaru motor favorit masbro..ojo lali komen dan selalu klik motoblast.org - Komen gratis lek...!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*