Livery Baru All New Aerox 155 Connected ABS, Simbol 6 Dekade Kejayaan Yamaha di Balap Dunia

Yamaha merayakan 6 dekade keikutsertaan di kasta tertinggi ajang kejuaraan balap dunia, World Grand Prix (MotoGP), dengan meluncurkan livery khusus untuk beberapa line up produknya. Jika sebelumnya livery khusus tersebut telah hadir di motor Sport Moped MX KING 150, kini Yamaha World GP 60th Anniversary livery turut disematkan pada Sport Scooter dari keluarga Maxi Yamaha, yaitu All New Aerox 155 Connected ABS. 

Yamaha World GP 60th Anniversary sendiri merupakan livery yang mengusung konsep “The Racing Blood of Yamaha”. Livery ini tidak hanya menggambarkan karakter dan jiwa Yamaha yang kental dengan dunia Motorsport, namun juga menunjukan “Spirit of Challenge” atau semangat Yamaha dalam mengarungi kompetisi kejuaraan World Grand Prix selama 60 tahun terakhir sejak 1961, yang sukses mencatatkan 511 titel kemenangan di berbagai level kejuaraan hingga 2020.

Sebelumnya, penghormatan sejarah 60 tahun keikutsertaan Yamaha di kejuaraan World Grand Prix telah dilakukan pada bulan Maret 2021 lalu, dengan menghadirkan YZR-M1 Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary Livery saat sesi tes pramusim kedua MotoGP di Qatar.

baca juga :

Livery ikonik yang penuh dengan jejak sejarah perjalanan balap Yamaha ini pun turut ditampilkan pada motor YZF-R1s yang berlaga di kejuaraan World Super Bike (WSBK) dan FIM Endurance World Championship untuk musim balap 2021. Tepatnya, pada putaran ke-9 WorldSBK seri Catalunya, Spanyol, dan putaran ke-3 FIM Endurance World Championship (EWC) di Perancis.

“Dunia Motorsport telah menjadi bagian yang sangat penting dan tak terpisahkan dalam perjalanan sejarah serta budaya Yamaha. Kiprah 60 tahun berkompetisi di kejuaraan balap dunia dengan lebih dari 500 kemenangan yang diraih, tidak hanya menjadi catatan sejarah yang membanggakan, namun turut menjadi bukti komitmen kuat Yamaha untuk terus menguji diri dalam meraih kemenangan di level tertinggi. Passion dan semangat juara inilah yang kami bagikan kepada konsumen melalui livery spesial yang tersemat pada beberapa model motor berkarakter sport. Jika sebelumnya livery tersebut telah disematkan pada MX KING 150, kini pecinta Maxi Yamaha pun dapat merasakan semangat juara itu melalui kehadiran All New Aerox 155 Connected ABS Yamaha World GP 60th Anniversary livery di awal bulan Oktober ini,” terang Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Desain Motor Balap

Desain Yamaha World GP 60th Anniversary livery terinpirasi dari motor balap Yamaha yang melegenda, yaitu YZR 500 (0W48) yang kala itu sangat populer di ajang balap Grand Prix 500cc era tahun 80’an dengan Kenny Roberts sebagai pembalapnya.

Saat livery tersebut diadopsi ke tubuh All New Aerox 155 Connected ABS, aura sporty terasa begitu kuat melalui kombinasi warna putih yang dominan dengan sentuhan garis merah yang membentang di sisi kanan dan kiri body motor. Pada garis merah tersebut, turut diaplikasikan grafis “Speed Block” yang menjadi simbol dan identitas dari Yamaha Racing Team. 

Tidak hanya di sektor body, pada bagian velg motor (cast wheel) All New Aerox 155 Connected ABS juga diberi sentuhan kelir emas. Bukan tanpa alasan, pemberian warna emas tersebut untuk merepresentasikan kedigdayaan Yamaha dalam memenangkan ratusan titel kejuaraan di ajang World Grand Prix sejak 6 dekade terakhir. 

Pengaplikasian livery spesial pada All New Aerox 155 Connected ABS, dinilai akan semakin mempertegas eksistensinya sebagai Maxi Sport Scooter, sebuah motor matik yang mampu memberikan sensasi berkendara ala motorsport. Sensasi tersebut tentunya tersaji melalui desain tajam yang agresif dan performa mesin dengan Power to Weight Ratio (PWR) tertinggi dikelasnya.

All New Aerox 155 Connected ABS dengan Yamaha World GP 60th Anniversary livery akan mulai tersedia di dealer pada Senin, 4 Oktober 2021, dan dipasarkan seharga Rp 29.900.000 OTR Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut terkait produk, silahkan kunjungi website resmi Yamaha Indonesia di https://www.yamaha-motor.co.id/

Informasi Tambahan:

Terkoneksi Smartphone

Dari segi fitur, All New Aerox 155 Connected telah memiliki fitur Y-Connect yang mampu menghubungkan smartphone pengendara dengan sepada motor melalui Bluetooth. Dengan adanya fitur ini pengendara dapat dengan mudah mendapatkan informasi terkait notifikasi telepon dan pesan masuk di dashboard motor, informasi konsumsi bahan bakar, informasi lokasi parkir terakhir saat terhubung dengan aplikasi, rekomendasi perawatan yang menunjukan kondisi aki dan oli, notifikasi malfungsi sampai dengan fitur Revs Dashboard yang menarik bagi pengguna. 

Selain itu, aplikasi Y-Connect juga memiliki fitur Rank yang menghibur bagi konsumen dalam menikmati aktivitas berkendaranya, karena mereka dapat saling berkompetisi dengan sesama pengguna CCU model (motor Yamaha yang memiliki fitur Y-Connect) dalam hal jarak tempuh maupun poin eco riding.

Performa Terbaik di Kelasnya

Pada sektor mesin, All New Aerox 155 Connected mengusung Total New Engine Blue Core 155cc berpendingin cairan, dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat torsi merata disetiap putaran mesin. 

Mesin baru ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11.3kW / 8.000rpm serta torsi maksimum sebesar 13.9Nm / 6.500rpm yang menjadikan All New Aerox 155 Connected memiliki performa dan Power to Weight Ratio (PWR) terbaik dikelasnnya.

Mesin All New Aerox 155 Connected juga dilengkapi dengan Smart Motor Generator (SMG) sehingga starter motor menjadi halus serta Stop and Start System (SSS)* yang berfungsi mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor sedang berhenti.

Super Sport DNA

All New Aerox 155 Connected hadir dengan memadukan karakteristik racy dari motor sport dan kepraktisan serta kenyamana berkendara sebuah skutik yang membuatnya sangat cocok bagi pengendara aktif yang stylish.

Untuk design, All New Aerox 155 Connected memiliki DNA Super Sport yang kuat. Hal ini dapat dilihat dari hadirnya konsep full faring pada sisi kanan dan kiri motor dengan desain yang sangat aerodinamis. Ditambah lagi dengan desain lampu LED pada bagian depan dan belakang yang kini menjadi lebih tajam dan lebar serta dilengkapi oleh DRL (Daytime Running Light).

Bagian jok pada motor di desain agar lebih nyaman saat berboncengan. All New Aerox 155 Connected juga mengadopsi speedometer digital dengan desain baru yang lebih menarik, serta handle belakang terintegrasi yang memudahkan konsumen untuk mengatur posisi motor saat mesin dalam kondisi mati (mengatur posisi parkir). Pada bagian kaki-kaki, motor ini dilengkapi dengan Sub Tank Suspension untuk peredaman yang lebih optimal serta ban tubeless bertapak lebar untuk rasa berkendara yang lebih stabil.

Advance Feature

Selain dapat terkoneksi dengan Smartphone melalui aplikasi Y-Connect, motor ini juga mempunyai Smart Key System* yang merupakan sistem penguncian tanpa anak kunci serta Electric Power Socket untuk pengisian daya batrai smartphone. Ada juga fitur Anti-lock Braking System (ABS)* yang semakin mengoptimalkan sistem pengereman pada motor.

Untuk mendukung daya jelajah yang tinggi, kapasitas tangki pada motor juga ditingkatkan menjadi 5,5 liter. Sementara untuk menampung barang bawaan yang cukup banyak, All New Aerox 155 Connected dibekali dengan bagasi yang besar. Tidak ketinggalan, ada pula Handle Bar Switch Control yang berfungsi memudahkan anda memilih tampikan informasi dan pengaturan pada speedometer (tombol pengatur berada di handle sebelah kiri) serta Hazard Lamp sebagai tanda ketika pengendara dalam kondisi darurat.