Bedah Render !! Mau tau bagaimana saya membuat renderan ZX25R?Berikut ini step step nya !!

bedah renderan-RENDERING-ZX25R-SIDEVIEW1-

 

Halo mas dab…saat membuat renderan sebuah motor, tidaklah sesimpel hasilnya langsung jadi begitu saja…saat motoblast membuat renderan kawasaki ninja zx25r, motoblast beberapa step dalam membuat renderan berdasarkan spyshot dari wak haji tmcblog yang terlihat tampak samping..mau tau? berikut ini step setepnya..

setelah di bahas disini oleh ringpiston, maka motoblast ingin menambahi lagi disini, secara singkat saya jelaskan…mungkin bagi mas dab ada yang mau mencoba membuatnya..

– Nah pertama kali motoblast menempelkan gambar spyshoot tampak samping dengan gambar dasasr ninja 250r fi sebagai acuan body utama nya

– dan memasang gambar sampel di kanan kirinya biar mudah, untuk headlamp motoblast mengacu pada z1000r

bedah renderan-RENDERING-ZX25R-SIDEVIEW1b-

 

kemudian membuat pola dasar sesuai bentuk dari spyshot..seperti di bawah ini

bedah renderan-RENDERING-ZX25R-SIDEVIEW2-

 

buat pola di sana sini dengan warna dasar..sehingga pas..kemudian jangan lupa di beri efek bayangan agar terlihat membentuk 3 dimensi

nahh yang susah dari buat renderan adalah membuat efek seperti 3 dimensi..disini motoblast tidak memakai efek apapun, semua  murni dari sistem brush, sehingga mirip seperti melukis, hanya saja ini melukis di komputer..so..sebelum buat efek 3 dimensi ada gelap terang..maka paling tidak belajar pencahayaan dan sering melihat body motor, jadi ada bayangan mana bagian gelap dan terang..

bedah renderan-RENDERING-ZX25R-SIDEVIEW3-

 

butuh beberapa langkah dan di tindih berkali kali dengan goresan brush untuk mendapatkan polesan yang benar benar terlihat 3d. sebagai contoh lihat sayap dan bagian kepala serta kaca depan., tangki dan bagian body belakang

bedah renderan-RENDERING-ZX25R-SIDEVIEW4-

 

 

dibawah ini ada sekitar 10 x tahap melukis dengan brush untuk mendapatkan efek mengkilap. bedah renderan-RENDERING-ZX25R-SIDEVIEW5-

 

yang sulit kalo ada lubang dalam body kayak sayap diatas, harus berimajinasi gimana caranya agar terlihat benar benar itu lubang dan tidak sekedar warna hitam saja..

jika mas dab penasaran kalo hasil renderan di bedah secara rinci jadi berapa objek, monggo dlihat gambar di bawah ini, ada bagian bagian yang sudah motoblast group, ini agar motoblast bisa mudah dalam mengedit lagi dan tidak terlalu pusing dengan banyaknya layer..

total ada 274 layer dan 174 layer mask itu tidak termasuk layer tulisan dan logo, tidak saya hitung,. sangat banyak titik titik kecil dan brush sedikit saja udah motoblast bedakan layernya, ini demi kerapihan lembar kerja dan mudah edit kembali dengan di group di folder layer.

bedah renderan-RENDERING-ZX25R-SIDEVIEW6-final-

 

itu setengah dari layer yang motoblast pecah…sampe keriting tangan motoblast mecah mecah kembali apa yang sudah di tata..hehe..

klo sudah tahu begini, ealaaah ternyata gitu aja ya..maen brush aja kok..setiap orang pasti bisa melakukanya..monggo kalo mau belajar membuat renderan mas..

yang penting SABAR…ehehe

semoga sharing ini bisa bermanfaat buat mas dab yang ingin belajar sotoshop..

thanks