QJMotor 600RR terbaru cikal bakal Benelli Tornado 600RR

Motoblast.org – Sepeda motor sport QJMotor 600RR di pasar Cina pertama kali terlihat kurang dari dua tahun lalu, tetapi perusahaan tersebut telah meluncurkan versi generasi kedua dan memiliki rencana untuk mengembangkan versi merek Benelli di masa depan.

QJMotor adalah merek mitra dari Benelli, yang dimiliki oleh Qianjiang di China dan menawarkan berbagai mesin yang memiliki dasar yang sama dengan jajaran Benelli. 600RR adalah salah satu penawaran pertama QJMotor ketika diluncurkan pada tahun 2020, mengambil tulang dari Benelli TNT600i dan membungkusnya dengan fairing sportbike penuh. Versi 2022 yang baru membawa pembaruan pada gaya dan teknologi, yang mencerminkan kecepatan pengembangan yang sangat tinggi di QJMotor, yang sekarang memiliki lebih dari 15 model.

Pembaruan visual 600RR mencakup bodywork yang benar-benar baru, dengan hidung yang didesain ulang, panel samping dan ekor serta tangki bahan bakar baru. Lampu depan berkerudung memiliki sedikit sentuhan gaya Ducati, dan penambahan winglet efek karbon di sisi fairing mencerminkan niat replika balap motor. Menurut QJMotor, winglet juga efektif secara aerodinamis, menambahkan 5 hingga 6kg downforce pada 93mph (150km/jam) dan meningkatkan stabilitas pada kecepatan tinggi.

Ekornya 50mm lebih tinggi dari sebelumnya sementara kursi pengendara lebih rendah 10mm, dan bodywork baru telah memotong 2kg dari berat motor, meskipun pada kondisi basah 213kg masih lebih berat dari yang Anda harapkan. Tangki bahan bakar telah diperbesar dari 1,6 liter menjadi 18 liter.

Di bawah kulit, sasisnya memiliki desain yang sama dengan yang pertama kali diwarisi QJMotor dari Benelli TNT600i, tetapi mesin empat silinder – yang awalnya dimaksudkan untuk digunakan dalam model radikal Benelli supersports 600, Quattro, dengan insinyur kemudi hub-pusat oleh desainer Bimota Tesi Pierluigi Marconi – telah ditingkatkan. Torsi telah meningkat menjadi 41,3 lb-ft, sebagian besar berkat knalpot baru dengan tekanan balik yang lebih sedikit, sementara gesekan internal mesin 5% lebih rendah dari sebelumnya, membantu mencapai peningkatan tenaga dari 6,7hp menjadi 87,2bhp.

Itu mungkin bukan jumlah yang besar, apalagi jika dibandingkan dengan mesin empat 600cc mutakhir yang melihat era dominasi Jepang di kelasnya, itu masih menjadikan 600RR sebagai salah satu motor dengan performa tertinggi yang akan diproduksi di China. Fakta bahwa tenaga puncak tiba pada 11.500rpm yang relatif rendah, dengan torsi mencapai maksimum pada 10.500rpm, menunjukkan bahwa mesin tidak dirancang untuk mencapai putaran memabukkan dari 600cc fours yang lebih eksotis.

Perlengkapan lari sepeda mencakup banyak suku cadang bermerek termasuk garpu terbalik KYB dengan monoshock belakang dari merek yang sama. Remnya Brembos, dengan kaliper radikal 4 pot di depan dan kaliper dua piston di belakang.

Onboard, ada dasbor TFT 5 inci yang mencakup tampilan untuk kontrol traksi dan mode berkendara sepeda, dan hampir pasti ada aplikasi pendamping yang memberikan lebih banyak info di ujung jari pemilik melalui ponsel mereka. Dimasukkannya port USB-C sebagai standar adalah hal yang disambut baik.

Kit standar lainnya termasuk lampu LED, rem ABS saluran ganda

Meskipun rencana internasional QJMotor masih belum jelas, perusahaan menunjukkan minat yang meningkat di pasar global, jadi ada kemungkinan 600RR akan ditawarkan di sini suatu hari nanti. Namun, kami lebih tertarik pada turunan Benelli yang direncanakan – diharapkan disebut Tornado 650 dan karena mengemas versi yang diperbesar dari mesin yang sama, yang saat ini sedang dalam pengembangan. Gaya Benelli juga diharapkan berbeda, seiring dengan penyetelan mesin dan sasis.

Di Cina, QJMotor 600RR baru mulai dijual sekarang, tanpa kenaikan harga dari versi sepeda sebelumnya. Harganya setara dengan hanya £ 6000 di sana, membuatnya jauh lebih murah daripada saingan impor.