Image Alt

MOTOBLAST

Sebelum Beli Busi Motor, Perhatikan 3 Hal Penting Ini!

Busi adalah salah satu komponen penting pada kendaraan saat akan menghidupkan mesin. Pasalnya, komponen satu ini berperan sebagai penghasil percikan api pada ruang bakar untuk menjalankan motor. Sekarang ini, beragam spesifikasi dan merk busi banyak tersedia di pasaran, baik busi buat motor bebek, sport, racing, hingga matik. Walaupun serupa, ternyata busi mempunyai perbedaan, baik dari segi spesifikasi dan fiturnya. Jika terjadi kesalahan dalam pemilihan busi, maka bisa mengakibatkan performa pada kendaraan tidak mumpuni seperti biasanya, ruang bakar jadi kotor, serta boros pada bahan bakar. Oleh karena itu, penting banget untuk mengetahui tips-tips memilih busi motor yang tepat.

Nah, bagi kamu yang berencana membeli busi motor, ada baiknya simak beberapa cara memilih busi motor yang tepat agar kamu bisa mendapatkan busi motor yang tepat. Mungkin tiga tips berikut ini bisa kamu jadikan panduan saat ingin membeli busi motor.

  1. Angka Panas Pada Busi Harus Tepat
Sumber : dream.co.id

Pertama-tama yang perlu kamu perhatikan saat akan membeli busi motor yang tepat adalah angka panas pada busi harus sesuai dan tepat dengan spesifikasi mesin motor kamu. Kalau angka panas pada busi yang digunakan terlalu dingin atau angkanya terlalu besar, maka bisa mengakibatkan pengendapan pada karbon busi motor kamu. Tidak cuma itu, apabila angka panas pada busi yang digunakan terlalu panas atau angkanya terlalu kecil, maka busi motor bisa mengalami overheat serta mengakibatkan misfire atau gagal dalam pengapian.

2. Ukuran Busi Sesuai dengan Mesin

sumber :liputan6.com

Meski busi motor dengan busi mobil memiliki desain dan bentuk yang hampir mirip, akan tetapi settingan pada mesinnya tetaplah berbeda. Jadi, pastikan kamu memilih busi motor dengan ukuran panjang ulir, diameter ulir serta jangkauan insulatornya sesuai dan tepat dengan spesifikasi pada mesin motor milikmu. Kalau busi yang kamu pilih itu tidak sesuai, maka busi bisa mengalami overheat, longgar, dan juga terkena endapan pada karbon. Jika mengalami seperti itu, proses pengapian pun tidak akan berjalan dengan normal bahkan dapat membuat piston menjadi rusak.

3. Pastikan Busi yang Dipilih Asli

Untuk mendapatkan busi motor yang tepat, pastikan kamu memilih busi yang asli. Biasanya busi asli itu memiliki kode nomor produksi, sedangkan busi palsu atau KW tidak terdapat kode nomor produksi. Gasket (ring) yang dimiliki busi asli juga sulit untuk dilepas, sementara gasket busi palsu mudah lepas. Tak hanya itu, kamu juga bisa memastikan bahwa busi yang kamu pilih itu asli dengan memastikan metal shell-nya mengkilap, sementara busi KW tidak. Konstruksi pada ujung elektroda, serta penyambungan busi asli juga tampak lebih rapi, sedangkan busi palsu gak rapi. Kamu bisa memperhatikan hal-hal tersebut untuk memastikan jika busi yang kamu pilih itu asli. Harga busi motor asli juga biasanya jauh lebih mahal, jadi jangan tergiur dengan harga murah tapi kualitas tidak terjamin ya, geng.

So, itu dia tips-tips memilih busi motor yang sudah kita simak sama-sama. Pemilihan busi yang tepat dan sesuai tentunya bisa menentukan performa pada motor jadi makin keren. Semoga informasi diatas bermanfaat dan juga bisa menambahkan wawasan kalian mengenai tips memilih busi motor yang tepat. Selamat memilih, geng!

Matursuwun sudah mengunjungi blog kecil ini, jangan lupa tetap pantengin motoblast untuk mendapatkan info terbaru dan modifikasi terbaru motor favorit masbro..ojo lali komen dan selalu klik motoblast.org - Komen gratis lek...!!

Leave a Reply

MOTOBLAST

Blog otomotif indonesia yang membahas tentang modifikasi striping, rendering hingga berita motor indonesia
%d bloggers like this: