Hai gan gan… yamaha resmi merilis FSZ160 generasi ketiga dengan ubahan yang signifikan namun masih berbasis fz160 dari segi desain ataupun spek mesin masih sekilas mirip. Jika di indonesia bernama Byson V3 alias byson generasi ketiga.

Yamaha India merilis Fz160 dengan ubahan bagian depan yang berbeda jauh dari generasi berikutnya, dengan lampu serba LED dan terlihat bagian depan ke tengah berubah total, sedangkan bagian belakang masih mirip yang dahulu bahkan knalpotnya pun masih sama dengan versi ke-2. Mungkin trend dari yamaha adalah seperti itu bro dalam melahirkan produk baru bagian depan ke tengah saja yang berubah, sedangkan kebelakang masih sama.

Dengan speedometer serba digotal membuat tampilan fz16p alias byson v3 ini semakin sporty dan kesan canggih pun terasa. Keren yak…

Desain headlamp nya tingkat, biasanya sih bagian atas itu lampu senja, dan jok nya di buat lebih tebal jadi akan nyaman dipakai touring jarak jauh. Mesin pun 13.2ps @8000rpm dan torsi [email protected] Cukup kecil untuk ukuran motor naked 160cc namun itulah fz160 aloas byson. Motor sport naked dengan konsentrasi ke kenyamanan berkendara dan touring serta adventure, bukan untuk urusan kebut kebutan di lintasan balap.

Yang namanya kenyamanan juga kearah keamanan berkendara, maka yamaha menyematkan pengereman ABS untuk fz160 gen ketiga ini bro. Cakep deh..jadi semakin ga was was melakukan pengereman saat jalanan banyak pasir or kerikil.

Yamaha membandrol FZ160 ini dengan RS 95000 atau sekitar 18.9 juta jika di rate card rupiah. Wah lumayan murah bro. Dan terbagi menjadi 6 varian warna.. 3 warna untuk non ABS dan 3 warna untuk ABS version.

Kemungkinan sih yamaha indonesia juga akan memasukkan ini ke indonesia dengan nama sebelumnya yaitu Byson. Ya sebut saja Byson V3 bro..

Dengan harga 18.9 juta rupiah saya rasa cukup murah untuk motor 160cc dengan power cukip dan bisa jadi pesaing honda verza kalau di banderol segitu. Ya saya berharap sih di indonesia harga maksimal bisa 20 jutaan lah jangan sampai lebih karena bisa bernasib sama seperti byson v2 yang kurang menggairahkan di pasaran serta untuk menggebuk verza saya rasa byson v3 sangat cukup dan memiliki potensi untuk menjegal verza 150 di pasaran. Maybe yes maybe no…

Desain sih masih india banget bro, tapi dengan kreatifitas orang indonesia yang bisa di modif kaki kaki tapak lebar kayaknya motor ini bakalan ganteng. Secara pribadi saya suka dengan byson v3.

Penasaran dengan byson v3 secara detail? Lihat gallery di bawah ini.

Semoga bermanfaat

Pict diambil dari iwanbanaran.com suwun lek