Motoblast.org – Halo mas dab… setelah lama ngeblog, ternyata di tahun 2018 ini ada paling tidak 5 trend SEO yang terpenting yang perlu di ketahui bagi kalian blogger atau juga penulis di media tertentu. Dan salah satunya adalah ketika penempatan kata kunci dan backlink dalam sebuah artikel di jamin sukses dalam SEO, dan apakah ini juga akan sukses di 2018??

Seiring waktu Google sudah mengumpulkan data lebih banyak tentang web web dan blog maka hasil pencarian pun sekarang lebih akurat dan tepat lebih bagus daripada performa sebelumnya. Dengan demikian maka para pekerja berkecimpung di dunia online apalagi pada bidang SEO untuk memperlancar blog nya lebih banyak trafik menjadi lebih sulit karena harus lebih dari sekedar kata kunci dan backlink, lebih dari optimasi metadata melainkan semua itu lebih kepada sebuah kontent yang berkualitas

Sebuah penyampaian informasi yang benar, serta tepat sasaran dan juga di waktu yang tepat adalah kuncinya, banyak yang telah terjadi perubahan di SEO tahun ini, karena banyak juga perubahan di trend terpenting dalam hal SEO di tingkat yang lebih besar dan trend yang paling terpenting telah di share dan di berikan oleh pakar SEO dan pentingnya sebuah strategi SEO yang sistematis dan terfokus pada satu titik.

1. Munculnya pencarian suara

Fakta yang tidak bisa di pungkiri adalah 1 dari 5 pencarian berasal dari pencarian suara, menurut Google hal itu sangat mengejutkan fitur speaker smart yang di aktifkan oleh Google Home dan Amazon Echo sedang naik daun dan dengan ponsel yang sekarang sudah canggih dengan fitur speaker yang sudah menjadi fitur standar dan semua sudah ada maka fitur ini menjadi asisten bagi para pemilik ponsel dan itu ada pada google, terlebih lagi google memperbarui softaware suara untuk aktif dan bisa sebagai media pencarian.

Motoblast sendiri pernah menggunakan pencarian menggunakan suara, dan sepertinya sekali mencoba menjadi hal yang luar biasa sepertinya males untuk mengetik dalam pencarian di google. waah iki

Google baru saja merilis Google asisten untuk sebuah perangkat pada android, hall ini menjadi penting karena menjadi lebih populer dan pencarian melalui suara menjadi perubahan besar dalam sebuah dunia SEO

Seiring sebuah keakuratan asisten dalam penelurusan melalui suara, maka semakin banyak orang menggunakan searching menggunakan suara maka mengoptimalkan sebuah strategi SEO dengan voice search sangat penting

Fokus terhadap kata kunci dan sintaks yang sangat panjang dalam sebuah bahasa sehari hari dan sebuah konten yang terstruktur dengan baik akan menjadi jawaban bahwa semakin banyak permintaan pencarian melalui voice search

2. Pilihan Cuplikan /Snippets Feature
Bagaimana fitur cuplikan bisa lebih unggul dari penelusuran suara? Nah, ini adalah informasi bahwa asisten suaraΒ  bisa kembali kita pakai sebagai fitur unggulan dan trend.

Namun, pilihan cuplikanatau feature snippets lebih unggul dari itu.

Selama beberapa tahun terakhir ini, kita bisa melihat fitur snippets yang di tampilkan dari hasil penelusuran di semua perangkat dan saat ini hampir 30% dari semua data penelurusan di google memiliki jawaban yang otomatis dari dari bentuk fitur snippet.

Dalam istilah SEO, ini adalah posisi baru # 1!

Fitur cuplikan ini bentuk gamblangnya adalah ketika masbro menulis pertanyaan di google maka ada jawaban otomatis diatasnya dan jawaban itulah fitur snipets yang di sematkan dalam web atau blog jadi orang banyak mengetahui langsung jawabanya tanpa membuka webnya langsung ada di hasil pencarian. Contohnya dibawah ini :

Nanti akan saya bahas bagaimana menyematkan fitur snippet ini dalam artikel terpisah.

Cuplikan khusus sudah sangat efektif bahkan bisa menyingkat waktu hingga 10% lalu lintas dari posisi teratas di halaman pertama di google search. Dengan semakin meningkatnya adopsi data terstruktur dan, pada saatnya nanti, akurasi jawaban instan, cuplikan fitur / fitur snippets akan semakin di gemari orang karena lalu lintas lebih cepat, lebih cepat dapat jawaban tanpa klik masuk ke web nya lagi dan pastinya yang memiliki fitur snippet akan semakin di gemari dan berada di posisi teratas pencarian google.

Karena tren fitur snippet atau cuplikan inilah memunculkan bentuk konten baru berupa tanya jawab yang di optomalkan untuk memberikan jawaban singkat sebagai tanggapan atas permintaan pencarian google. SEO juga lebih memperhatikan format dan struktur konten agar google dapat mengambil informasi yang relevan untuk fitur snippet yang diutamakan.

3. Perubahan besar ke pencarian melalui ponsel atau smartphone

Google saat ini akan menentukan peringkat halaman berdasarkan versi mobilr dari halaman karena jaman telah bergeser dimana user sebagian besar lebih banyak mengakses web, google dan blog atau apapun itu melalui smartphone.

Saat ini google telah banyak mengevaluasi situs web dan user berdasarkan pada halaman desktop namun karena penelusuran seluler sekarang mencapai lebih dari 60% dari total penelusuran maka sistem evaluasi melalui desktop menjadi usang.

Makanya pencarian google beralih ke mobile-first index.

Salah satu perubahan algoritma terbesar dalam sejarah Google yang dapat mengubah peringkat halaman secara terbalik.

Akibatnya, SEO semakin mengadopsi halaman mobile yang dipercepat dan mengoptimalkan pengalaman pengguna untuk mobile: dari waktu buka halaman hingga navigasi, arsitektur informasi, dan desain.

Ini membawa kita ke tren berikutnya …

4. Pengalaman pengguna di hasil pencarian terdepan

Ini bukan hanya mobile. Ekspektasi pengguna dan permintaan untuk pencarian berkembang di seluruh jagat maya. Saat ini pengguna menginginkan solusi instan untuk masalah mereka tidak peduli perangkat yang mereka gunakan. Cepat mendapatkan apa yang di inginkan tanpa berlama lama klil di situs web. Apalagi situs web yang lambat diakses melalui seluler ponsel. Bakal membuat semakin tenggelam situs web kalian.

Ingin fakta mengejutkan? Studi Google telah menunjukkan bahwa situs yang memuat lebih dari tiga detik kehilangan sekitar 40% pengunjung. Dengan kata lain, keberhasilan bisnis online juga blog anda bergantung pada hitungan detik!

Anggap saja situs Anda memiliki waktu muat yang sempurna. Tapi apa jadinya jika pengguna tidak tahu cara menavigasi situs Anda dalam beberapa detik? Apa yang terjadi jika pengguna tidak dapat mengerti apa artikel Anda dalam beberapa detik?

Mereka akan sia sia!

Itu sebabnya pengalaman pengguna yang bagus dari perspektif SEO lebih dari kecepatan situs Anda. Ini adalah pembacaan konten Anda. Ini navigasi. Ini adalah arsitektur informasi. Ini soal disain siyus wrb yang mudah diakses dan mudah di mengerti dengan menu navigasi mudah di temukan tanpa ribet.

Google telah memperjelas bahwa pengalaman pengguna yang mdah adalah bagian dari sistem peringkat mereka. Dan pengalaman pengguna yang mudah harus disesuaikan untuk mobile dan desktop, memastikan perjalanan user tanpa mendapatkan kesulitan menuju halaman atas pertanyaanya dan jawaban di semua perangkat. Konten dan desain situs web yang njelimet akan menyusahkan user.

Ini membawa kita ke tren terakhir …

5. Optimalisasi untuk tujuan utama

Seperti yang telah kita pelajari, hasil pencarian menjadi lebih tepat waktu dan kontekstual.

Google melakukan banyak hal untuk mengintegrasikan ke dalam algoritma pencariannya sehingga dapat menggabungkan informasi historis, konteks sekarang (lokasi, perangkat, dll.), Dan maksud dari query untuk mengembalikan jawaban yang paling relevan dan personal kepada pengguna. secepat mungkin mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Sebenarnya, Google baru saja mengkonfirmasi salah satu hipotesis lama saya, yang merupakan faktor peringkat Google yang sangat bergantung pada kata kunci.

Misalnya, untuk kata kunci dengan niat membeli yang jelas, Google akan memprioritaskan situs e-commerce dan bukan media besar meski yang paling otoritatif. Itu karena tujuan si pencari adalah untuk membeli, bukan untuk mencari informasi.

Sebaliknya, untuk kata kunci dengan maksud untuk menemukan lebih banyak informasi, Google akan cenderung memprioritaskan situs media yang sangat kredibel.

Itulah mengapa SEO mulai memikirkan maksud di balik setiap penelusuran dan mengoptimalkan konten dan pengalaman pengguna. Dengan demikian, kami melihat pergeseran dari pengoptimalan konten generik untuk kata kunci ke pengoptimalan konten berbasis konten yang lebih kontekstual.

Semoga bermanfaat

motoblast.org < a

Leave a Reply