Loh Benarkah Power Yamaha R25 versi masspro di sunat 2HP? beda dengan versi unit test!

test R25 leopold

 

Halo mas dab..dari kemaren motoblast mengikuti kegiatan yang di lakukan lek 7leopold7.com via facebook maupun blog nya yang sedang test dinojet yamaha R25…karena penasaranya, namun benarkah disitu di katakan bahwa power yamaha R25 ini disunat sampe 2HP? ah mosookk?? namun dengan gamblang lek 7leopold.com memperlihatkan hasil tesst..betapa tidak kaget..beda dengan versi unit test nya oeyy..

terlebih lagi kang 7leopold adalah salah satu indenter yamaha R25 karena kagum akan tenaganya…namun apa daya kecewa di dapat saat hasil tes dynojet, gimana sih kejadianya..ini nih mas dab.

Mengagetkan.

Saat ini saya sdg di Sportisi melakukan test dynojet bersama mas Bram (Sportisi), Bie Hau (Prospeed), dan media Sportku.com. Rencananya akan mengetest perubahan performa apabila knalpot Prospeed dipasang.

Kita mulai dengan baseline tenaga standard.
Otomotif pernah mengetest dyno sample product R25 dan didapat data max HP 29.21 HP pada torsi 19.09. Test dilakukan di mesin yang sama di tempat yang sama

Mengagetkan.

Saat R25 bawaan saya ditest ternyata HP melandai setelah 10.500 RPM di angka 27.63 HP pada torsi 18.67. Perhatikan bentuk grafik yang berbeda antara unit test dan R25 saya. Pada unit test grafik masih meningkat stlh 10.500 RPM menyentuh HP max di 29.21. Sementara pada R25 saya grafik melandai bahkan turun. Bukan sekedar fluktuasi tapi turun.

LHO?

Tapi mas kondisi kelembapan dan temperatur kan mungkin beda?

Benar, tapi bentuk grafik harusnya tidak berubah hanya lebih tinggi atau lebih rendah.

Apakah edisi sample product dan mass product berbeda setting ECU?

Menurut mas Bram, ownernya Sportisi yang langsung turun tangan mengoperasikan dynojet test, diduga ignition timing di dalam ECU diprogram agar tenaga tertahan setelah 10.500RPM. RPM masih bisa naik namun tenaga tidak bertambah. Ini mungkin utk memperpanjang umur mesin terutama di daerah2 yang bensin beroktan tinggi sulit supplynya.

Wahhh…..

Kalau bener, apapun alasannya, Yamaha menjual product yang berbeda dong antara saat promosi (sample product) dan saat produksi (mass product).

Mari kita coba konfirmasikan dengan pihak YIMM.

Nah udah gamblang toh..lebih gamblang lagi lihat grafik hasil test berikut ini

diagram grafik dynojet yamaah R25

dan hal ini udah di konfirmasi oleh pihak YIMM, motoblast ulas di beda artikel ya biar gak panjang panjang..namun ada pemikiran dari motoblast kenapa ini begitu riskan kecewa..

tunggu ya..

merdekaa

Pict by : 7leopold7.com