Tutorial sederhana pewarna an body motor di photoshop untuk modif striping (tahap awal) – ala motoblast

Share

personal shopper miss shopee holic

modif striping kawasaki ninja 250r FI yamaha motogp 2 Halo masbraii… kali ini mb akan buatkan tutorial sederhana bagi sampean semua yang ingin tau bagaimana sih caranya mewarnai body motor di Adobe photoshop, ato yang biasanya motoblast lakukan untuk modif striping sehingga bisa berubah warna seperti yang kita harapkan.? monggo di simak.


sebelum lanjutkan, bagi sampean yang mau belajar, mohon pelan pelan dan step by step agar tidak bingung nantinya. pelan pelan asal kelakon gan.. monggo. bagi yang kurang jelas melihat di komputer ato hape, klik aja gambarnya biar membesar dan jelas, sengaja mb perlihatkan lembar kerja nya full agar tidak bingung mana yang di klik. 🙂

1. buka adobe photoshop ( dalam hal ini MB pake adobe photoshop cs5) .

2. Pilih Pen Tool di toolbox bagian kiri –  atau tekan saja di keyboard  ( P ) –  lihat gambar :
1

3.  pada contoh kali ini mb akan mewarnai bagian spakbor depan dengan warna biru.
setelah klik Pen tool ( P ), klik pada spakbor – klik yang kedua dengan di drag sampe membentuk pola sesuai spakbor. – Lihat gambar (untuk penggunaan Pen Tool  ini perlu latihan biar tidak kaku).

5

Klik dan drag terus sampe kembali ke titik awal ( harus nyambung kembali ke titik awal lagi ) . ( lihat gambar )

3

4. Nah jika sampean berhasil – langkah selanjutnya adalah merapikan bagian yang mungkin gak sesuai. klik Direct Selection Tool ( atau tekan A pada keyboard) lihat gambar. )
4

caranya adalah klik titik yang ingin di perbaiki, maka akan muncul handle di kiri kanan.. drag sampe sesuai keinginan. lihat gambar

5

5. jika sudah rapi. pastikan anda klik Pen Tool ( P ) kemudian klik kanan – make selection – lihat gambar :

6

akan muncul window baru. di bagian feather biar kan angka 0 (nol) .- klik OK – lihat gambar

8

yang tampak selanjutnya adalah spakbor gambar motornya akan terseleksi, seperti ada seleksi dan seperti ada garis kedip2. lihat gambar

9

6. kemudian pilih menu Image – Layer – Layer via copy atau  tekan di keyboard  Ctrl+ J
ini gunanya untuk mencopy spakbor yang sudah kita seleksi tadi dan akan di copy ke layer atasnya. lihat gambar:

10

yup. jika sudah, jika ingin melihat apa hasilnya. lihat gambar di bawah ini, spakbor akan tercopy sesuai seleksi yang kita buat tadi dan akan di copy di layer atasnya. ini agar terpisah dari gambar aslinya. untuk melihat bedanya . lihat gambar di bawah ini :

11

lihat bagian kanan, yang mb kasih warna garis merah, itu adalah hasil copy layer tadi, nah untuk meyakinkan lagi, pilih move tool ( V), geser geser ato drag spakbor yang baru, maka sampean akan tau hasil nya dan tau maksudnya. jika sudah tau. usahakan di Ctrl+Z untuk mengembalikan ke posisi semula . hehe . lihat gambar :

12

oke sampe disini mengerti kan maksud mb tadi? nah sekarang ke langkah berikutnya

7. selanjutnya adalah membuat sample warna yang akan di pake contoh untuk pewarnaa spakbor nantinya, dalam hal ini mb menggunakan warna biru
klik pallete warna di sebelah kiri yang ada 2 warna atas bawah itu, plih yang atas, klikganti dengan warna yang di inginkan ( biru )klik OK – lihat gambar :

13

oke. jika berhasil, maka pallete warna yang bagian atas sekarang akan berwarna biru. lihat gambar ya :

14

8. selanjutnya adalah langkah intinya. klik menu Image – Adjustments – Hue/Saturation – atau Ctrl + U – Lihat gambar :

15

setelah itu maka akan muncul window baru – jangan lupa klik Colorize ( centang tanda sebelah Colorize ) lihat gambar :

16

jangan klik OK dulu ya.
Nah setelah sampean klik Colorize, maka secara OSTOSMASTIS spakbor sampean akan berwarna biru, namun masih belum jernih, masih belum tepat, sekarang baru penyesuaian.

Jangan utak atik atau Drag bagian Hue karena sudah sesuai warnanya, Sampean hanya perlu Drag bagian Saturation untuk ketajaman warna, dan lightness untuk cerah atau redupnya warna. ( gunakan sesuai kebutuhan)

Hue : adalah untuk memilih warna yang di inginkan.
Saturation : ketajaman warna – semakin kearah merah(kanan), maka warna nya semakin tajam pekat, jika ke arah hitam maka warna semakin ke arah greyscale atau hitam putih
Lightness : untuk terang redupnya warna.

setelah sampean mendapatkan warna yang di inginkan , baru tekan OK.
Jika sampean berhasil maka hasilnya adalah seperti d bawah ini:

17

Yup. selesai. sekarang sampean sudah bisa mewarnai motor, dan untuk membuat warna pada striping motor sampean, kontexnya sama dengan langkah yang mb buat dari awal tadi.
nah setelah sampean liat maka ada keganjilan yang mungkin bisa di perhatikan adalah baut dari spakbor ikut terkena warna biru – lihat gambar :

18

maka hapuslah, caranya adalah sama seprti langkah awal tadi menggunakan Pen Tool :

Klik Pen tool – buat pola atau klik klik pada bagian bautnya, sampe melingkar, buat lagi yang kedua kalinya untuk kedua baut tersebut.
klik kanan make selectionOK – Delete ( tekan keyboard DELETE )

lihat gambar:

19

setelah di delete, hasilnya seperti di bawah ini:

20

begini hasilnya :  DONE .

21

Yup… segini dulu ya tutorial sederhana dalam mewarnai body motor, jadi sampean ga usah pake warna solid untuk mewarnai motor dalam hal striping, sampean bisa mengambil seleksi dari body motor kemudian di hue saturation, maka hasilnya lebih maksimal dan akan lebih menyatu dengan body motornya, tidak seperti tempelan.

Next akan mb lanjutkan dengan membuat body dengan brush di photoshop, ini seperti menggambar di komputer, seperti menggambar komik naruto yang sampean suka itu. namun dalam konteks membuat body motor,misal : membuat body headlamp yang mb lakukan ketika membuat renderan ninja250SL mono atau single silinder.

thanks udah nyimak..semoga gak bingung. hehe.

bagi sampean yang minat, silahkan download gambar langkah langkah dari awal sampe akhir di sini untuk belajar

klik disini tutorial pewarnaan body motor di photoshop ala motoblast.

mulai sekarang ada menu baru di blog motoblast yaitu tutorial, sehingga bukan hanya untuk isnpirasi modif motor sampean, tapi kita juga bisa sharing ilmu, tambah wawasan dan lebih dekat. semoga bermanfaat nantinya. amiin ya allah amiin. 🙂

Advertisements