Ini dia Cara Mudah mencuci Rantai Motor Setelah Kehujanan

Share

Halo mas dab… Dalam keadaan cuaca seperti sekarang ini yang bisa di bilang tidak menentu dan tidak bisa di tebak tebak kadang hujan, langsung panas, kemudian hujan lagi, eeh hujan lagi.. membuat jalanan menjadi becek, berair kotor dan berlumpur serta berdebu yang membuat kita sebagai rider dan pecinta motor harus sering bersih bersih.

Kewajiban bersih bersih motor menjadi sebuah keharusan di karenakan tuntutan jika tidak motor kesayangan kita akan semakin kotor, tidak enak dilihat dan pastinya berdampak pada rusaknya motor kita pada komponen komponen tertentu terlebih lagi pada bagian rantai motor.

Maka berikut ini MOTOBLAST akan berbagi informasi cara mencuci dan melumasi rantai motor setelah kehujanan. Silahkan di simak :

baca berita menarik lainya :Ini dia Detail Pict Suzuki GSX-S150 Black Matte – Memang pantas di perhitungkan!!

Kondisi panas, hujan dan panas lagi terkena kotoran yang menempel pada rantai membuat umur rantai menjadi lebih pendek, Ini di karenakan tumpukan debu dan kotoran yang menempel membuat rantai menjadi kering dan mengakibatkan gesekan yang berlebihan antar rantai dan akhirnya pasti rantai menjadi berisik, berbunyi l ebih keras dan ujung ujungnya gir menjadi cepat lancip. alhasil ya pastinya jadi harus ganti gir dong ya.. jangan sampai mengeluarkan biaya tak terduga gara gara kemalasan kita membersihkan rantai motor kita

Cara membersihkannya adalah dengan cukup menggunakan sabun colek dan sikat gigi bekas, ingat ya….sikat gigi bekas, bukan sikat gigi yang masih di pakai, nanti abis di pakai bersihin rantai di pakai lagi bersihin gigi anda..wkwkwk jangan masbro..

Naah sikat gigi yang sudah di olesi sabun colek tersebut silahkan di sikatkan ke rantai untuk menghilangkan debu dan kotoran hingga rantai benar benar bersih dan juga jangan lupa keringkan hingga bersih, jadi setelah di sikat dengan sabut colek, bersihkan sisa sisa sabunnya dengan kain lap yang halus untuk membersihkan sampai benar benar kering dan bersih.

Setelah menyikat dengan sabun colek hingga bersih, langkah selanjutnya adalah gunakan Chain lube untuk merontokkan kotoran, bisa juga pada saat menyikat rantai dengan sabun colek saat yang sama juga di semprotkan chain lube jadi rantai bisa bersih dan kotoran rontok baru di bersihkan dengan kain hingga kering.

Sebelum melakukan pelumasan biasanya ada hal yang perlu di lakukan adalah cek free play rantai dan lakukan penyetelah, apakah rantai sudah melebihi batas yang di tentukan, setting ulang, kalau di motor bebek biasanya 20mm hingga 30mm, kalau untuk motorsport biasanya 35 hingga 45 mm.


Maka jika sudah bersih dan jarak main nya sesuai standar yang di tentukan, barulah lakukan pelumasan dengan chain lube. naaah mudah bukan, lakukan sendiri di rumah sambil santai kan bisa bro…

untuk merk dari chain lube banyak sekali, ada yang bawaan pabrikan sendiri ada juga yang aftermarket, merk mah banyak..cari cari yang cocok aja sih..semoga bermanfaat. MOTOBLAST.ORG