Rendering yamaha R25 : Comot hasil renderan motoblast, monggo…tapi paling tidak ada etika dalam berkarya dan tidak klaim itu hasil renderannya!!

jiplak gak kondo kondo2

Halo mas dab..mungkin bisa dibilang motoblast sok, sombong..dan apalah..wes gapapa..tapi mas dab bisa bayangkan kalo seandainya hasil jerih payah kita dan susah susah buat renderan, tapi di klaim sama orang dengan renderannya orang tersebut dengan mencomot gambaar hasil renderan motoblast, dengan menghapus watermark…gimana menurut mas dab?

Oke dalam hal ini motoblast juga comot gambar prototype, namun 80% motoblast buat manual dari photoshop, menggambar sendiri, membuat dari brush, satu persatu seperti melukis, menyamakan dengan teaser revstation, kemudian berpikir keras dari gambar 2 dimensi menjadi bentuk berwarna seperti renderan motoblast yamaha R25 pertama itu..

walaupun banyak kesalahan sana sini, namun itu renderan buatnya dari pagi sampe sore,..mata pedes, panas..lelah..wes macem2..bukan maksud apa2, motoblast hanya ingin menghidangkan  renderan pada penikmat motor agar rasa penasaran nya terpuaskan.

abis baca artikel ini, wes gapapa bilang motoblast sombong dll,..tapi mas dab bakal mengalami hal yang sama kalo di posisi saya :

1. paling keliatan..pas buat renderan, motoblast lupa ada missing spion yang terhapus..tapi ternyata sama orang itu malah di comot mentah mentah, mungkin tuh orang lupa dan gak teliti kali.

jiplak gak kondo kondo2
lalu lihat gambar di bawah ini
jiplak gak kondo kondo1

kemudian dari kedua gambar diatas, perhatikan kaca windshield nya …itu motoblast buat manual dengan garis, ngebrush dengan photoshop layaknya melukis..namun kalo mas dab lihat, bakal terlihat goresan goresan yang sama plek

2. spakbor depan aslinya dari versi prototype adalah panjang, namun motoblast potong dan menggambar agar terlihat halus..
gambar dibawah ini adlah versi prototype nya..spakbor panjang toh..

jiplak gak kondo kondo5

 

dibawah ini adalah versi motoblast yang udah di potong
jiplak gak kondo kondo4
perhatikan di bawah ini

jiplak gak kondo kondo3

watermark motoblast juga di hapus..kemudian via facebook.. orangnya bilang katanya adalah itu renderan buatanya yang sesuai video teaser di revstation, kemudian berdasarkan penampakan spyshot..ini yang agak ngerii.

RENDERING : proses pembuatan dari garis 2 dimensi menjadi bentuk lebih gamblang..bukan comot sana sini kemudian mengklaim itu renderanya dia..apalagi diambil dari renderan orang lain..

kemudian bagian tengah..kalo prototype aslinya seprti dibawah ini

jiplak gak kondo kondo8

kemudian motoblast buat sesuai teaser di revstation di youtube..buat asli dari brush di photoshop seperti menggambar manual

jiplak gak kondo kondo7

kemudian liat yang di bawah ini

jiplak gak kondo kondo6

kalo cuma ganti tangki, ganti warna dan ganti lainya tempel tempel..jangan lah bilang hasil renderan berdasarkan video teasernya revstation di youtube..untuk lampu emang di ganti..lawong renderan motoblast gak lengkap..toh buktinya mengaplikasikan bentuk goresan 2 dimensi gambar sket menjadi bentuk nyata susah..perlu mumet dan mikir dulu..seperti headlamp di renderan motoblast juga mana persis seperti aslinya..nggak sama sekali ..itu saking susahnya

jiplak gak kondo kondo

 

motoblast hanya bilang..

jangan di biasakan seperti ini, jangan melumrahkan hal seperti ini,..mengklaim sana sini..itu jangan di lumrahkan..gak masalah sih, namun mana etika kita sebagai orang yang melek teknologi..dan sama sama bisa ngedesain..

bagi pembaca..mungkin belum ngerti rasanya..tapi coba mas dab buat sebuah karya yang susah payah..trs ada orang lain yang comot punya mas dab..tapi gak pamit gak permisi..tapi lngsg mengklaim hasil renderan orang itu bukan renderan sampean..

bagi yang belum jelas, silahkan kunjungi facebook yang bersangkutan…dipublish tnggal 13 mei kemaren kayaknya…

akhir kata…motoblast ikhlas di comot sana sini..namun itu adalah bagi motoblast untuk tujuan ke dalam..tujuan ke hati motoblast sendiri..tapi untuk tujuan kearah luar…bagi yang udah comot, harusnya ada etika, attitude dalam mencomot karya orang lain…

merdekaaa!!

About Motoblast 7222 Articles
Matursuwun sudah mengunjungi blog kecil ini, jangan lupa tetap pantengin motoblast untuk mendapatkan info terbaru dan modifikasi terbaru motor favorit masbro..ojo lali komen dan selalu klik motoblast.org - Komen gratis lek...!!

Be the first to comment

Leave a Reply