Tutorial photoshop V.02 – Pewarnaan body motor menjadi warna putih dengan layer style.

Suzuki GSX berhadiah jaket

20

Halo masbrai.. kita lanjut dengan tutorial selanjutnya ya,kali ini masih berhubungan dengan yang sebelumnya yaitu pewarnaan body motorr,kenapa ? yup bisa di katakan ini dasarnya sebelum striping motor dan bahkan buat rekayasa body motor di photoshop, di artikel sebelumnya ada yang bilang bahwa tidak bisa mewarnai body motorwarna putih dengan langkah tutorial sebelumnya. sebenernyya bisa, hanya mungkin kurang real hasilnyya,nah berikut ini tipsnya. monggo di cekedot.

 

langkahnya dari awal sampe tengah, menyeleksi dengan Pen tool sampe make selection adalah sama seperti langkah tutorial sebelumnya. oke ane ulang lagi deh biar lebih hafal

1. buka adobe photoshop ( dalam hal ini MB pake adobe photoshop cs5) .

2. Pilih Pen Tool di toolbox bagian kiri –  atau tekan saja di keyboard  ( P ) –  lihat gambar :
1

3.  pada contoh kali ini mb akan mewarnai bagian spakbor depan dengan warna biru.
setelah klik Pen tool ( P ), klik pada spakbor – klik yang kedua dengan di drag sampe membentuk pola sesuai spakbor. – Lihat gambar (untuk penggunaan Pen Tool  ini perlu latihan biar tidak kaku).

5

Klik dan drag terus sampe kembali ke titik awal ( harus nyambung kembali ke titik awal lagi ) . ( lihat gambar )

3

4. Nah jika sampean berhasil – langkah selanjutnya adalah merapikan bagian yang mungkin gak sesuai. klik Direct Selection Tool ( atau tekan A pada keyboard) lihat gambar. )
4

caranya adalah klik titik yang ingin di perbaiki, maka akan muncul handle di kiri kanan.. drag sampe sesuai keinginan. lihat gambar

5

5. jika sudah rapi. pastikan anda klik Pen Tool ( P ) kemudian klik kanan – make selection – lihat gambar :

6

akan muncul window baru. di bagian feather biar kan angka 0 (nol) .- klik OK – lihat gambar

8

yang tampak selanjutnya adalah spakbor gambar motornya akan terseleksi, seperti ada seleksi dan seperti ada garis kedip2. lihat gambar

9

6. kemudian pilih menu Image – Layer – Layer via copy atau  tekan di keyboard  Ctrl+ J
ini gunanya untuk mencopy spakbor yang sudah kita seleksi tadi dan akan di copy ke layer atasnya. lihat gambar:

10

yup. jika sudah, jika ingin melihat apa hasilnya. lihat gambar di bawah ini, spakbor akan tercopy sesuai seleksi yang kita buat tadi dan akan di copy di layer atasnya. ini agar terpisah dari gambar aslinya. untuk melihat bedanya . lihat gambar di bawah ini :

11

lihat bagian kanan, yang mb kasih warna garis merah, itu adalah hasil copy layer tadi, nah untuk meyakinkan lagi, pilih move tool ( V), geser geser ato drag spakbor yang baru, maka sampean akan tau hasil nya dan tau maksudnya. jika sudah tau. usahakan di Ctrl+Z untuk mengembalikan ke posisi semula . hehe . lihat gambar :

12

oke sampe disini mengerti kan maksud mb tadi? nah sekarang ke langkah berikutnya

 yup sekarang baru langkah intinya untuk mewarnai dengan warna putih.

7. klik menu Image – Adjustments – Hue/Saturation – atau Ctrl + U – Lihat gambar :

15

setelah itu maka akan muncul window baru – jangan lupa klik Colorize ( centang tanda sebelah Colorize ) lihat gambar :
lihat tanda merah yang MB kasih, setelah di klik colorize, drag saturation ke arah abu-abu atau angka 0 (nol). Yang lainya biarin aja seperti itu

14

8. Setelah itu tekan di keyboard Ctrl+J lagi untuk menduplikat layer. lihat gambar :

15

Hasilnya seperti pada gambar di bawah ini :

16

9. Setelah itu lihat bagian layer ( sebelah kanan lembar kerja photoshop) . bagian tab layer ada tulisan “normal”. klik tanda panahnya dan pilih “screen”. ini di namakan layer style. lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:

17

nah setelah sampean klik screen, hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini : spakbor akan sedikit lebih putih .

18

10. setelah itu lakukan Ctrl+J  sampe 3 x yang berarti layer sampean akan terduplicate atau ter copy sebanyak 3 kali, dan itu artinya layer dengan mode screen akan tercopy 3x, sehingga warna akan menjadi semakin putih namun tidak menghilangkan bayangan gambar aslinya, warna pputih namun tetap real seperti aslinya, lihat gambar :

19

 

Note :terlalu banya Ctrl+j sehinga semakin banyak layer di duplikat akan terlalu putih dan akan menjadi putih pekat, keaslian real gambar akan hilang,akan seperti tempelan.

nah segini dulu ya tutorial hari ini. intinyadi ubah warna apapun tetap bisa kok.

bagaimana dengan warna hitam ? jika ingin di rubah warna hitam, layer style nya bukan lagi screen, tapi pilih yang overlay atau multiply

terima kasih. semoga berguna.

 

About Motoblast 5374 Articles

Matursuwun sudah mengunjungi blog kecil ini, jangan lupa tetap pantengin motoblast untuk mendapatkan info terbaru dan modifikasi terbaru motor favorit masbro..ojo lali komen dan selalu klik motoblast.org – Komen gratis lek…!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*